Mau Coba Soto Penis Sapi ?

Jumat, 18 November 2011 – 18:00 · Topik: soto

Soto Sekengkel 1 Pak Jon’s dan Sugito, penjual soto sekengkel

Banyumas, Seruu.com – Beragam jenis soto di Indonesia menunjukan rasa dan kekhasannya masing-masing. Sesungguhnya, soto bukan hanya sekedar mengenyangkan perut penikmatnya, namun ada juga soto yang dipercaya berkhasiat menambah vitalitas seksual. Penasaran kan?

Adalah Warung Soto Sekengkel 1 Pak Jon’s yang berada di jalan raya Jateng selatan jurusan Banyumas-Yogyakarta, tepatnya di RT 5/RW 1 Desa Karangrau, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas (Jateng). Dari arah Purwokerto, sekitar 20 kilo meter ke arah Tenggara di sebelah kanan jalan.

Soto sekengkel adalah soto dari daging sapi yang menempel di kaki sapi. Namun, selain daging yang menempel  di kaki, soto sekengkel juga bisa diganti dengan daging dari bagian lain sapi. Bagian itu adalah penis sapi dan buah zakar sapi.

Menurut Sugito (26), penjual soto sekengkel, soto yang berisi daging penis sapi itu dinamakan soto torpedo. Adapun soto yang berisi buah zakar sapi disebut soto granat. “Torpedo dan granat itu untuk menambah vitalitas seksual. Percaya atau tidak, silahkan coba,” kata Sugito di Warung Soto Sekengkel 1 Pak Jon’s di Desa Karangrau, Banyumas, Jumat (18/11/2011).

Sugito adalah anak keempat dari Tarjono Widnyopranoto, yang akrab dipanggil Pak Jon’s, pendiri Soto Sekengkel khas Banyumasan yang juga berprofesi sebagai dalang.

Saat ini, Warung Soto Sekengkel 1 yang berdiri pada tahun 1990 sudah membuka dua cabang di luar Banyumas, yakni Warung Soto Sekengkel 2 Pak Jon’s di depan Koja Trade Mall Tanjung Priuk ,Jakarta, dan Warung Soto Sekengkel 3 Pak Jon’s di Jl. Raya Setu – Cileungsi Desa Telajung, Setu Bekasi – Jawa Barat atau depan Gedung Baru Pertanian/Samping POM Bensin Lama Setu Pasar Baru – Rawa Banteng.

Rupa soto ini terdiri dari ketupat, dipadu torpedo atau granat sapi, kecambah/toge, muncang, dan bawang goreng. Kuahnya dibuat dari sumsum tulang sapi yang dipadu rempah-rempah. Ada jahe, kunir, pala, lada, ketumbar, sereh, kemiri, bawang putih. Racikan yang dimasak selama dua jam itu membuat kuah soto menghasilkan kaldu tulang sekengkel sapi yang nikmat.

Dagingnya empuk, rasanya gurih dengan kuah kaldu berwarna agak putih adalah ciri khas sajian soto sekengkel. Racikan rempah-rempah itu  membuat setiap orang yang makan akan mengeluarkan keringat. “Setelah makan keluar keringat dan seger di badan, itu efek dari rempah-rempah,” kata Sugito.

Kesegaran soto sekengkel ini diakui pembelinya. “Pedes-pedes seger. Pokoknya nikmat lah,” kata Prasetyo (44), seorang pembeli asal Purbalingga yang selalu menyempatkan mampir ke Warung Soto Sekengkel 1 Pak Jon’s setiap hendak pulang kampung ke Gombong, Kebumen.

Harga semangkuk soto sekengkel untuk standard saat ini Rp 9000,- .Sedangkan untuk ukuran komplit atau istilahnya neko-neko, yakni perpaduan antara torpedo dan granat sapi, harganya Rp 17.000,-/mangkuk. “Untuk yang neko-neko, memang agak mahal atau hampir dua kali lipat dibanding standar, karena bahan bakunya juga mahal dan terbatas,” ujar Sugito.

Jika hari ramai, seperti pada masa libur lebaran atau hari besar dan minggu, Sugito mampu menjual 500 mangkuk sehari untuk soto ukuran standard.Pada hari-hari biasa rata-rata mampu menjual 250 mangkuk. [py]

Sumber :

http://www.seruu.com/pariwisata/wisata-kuliner/artikel/mau-coba-soto-penis-sapi-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s